Sabtu, 15 Mei 2010.
PACARAN BIKIN GAK KONSEN..................LOH?



Akibat Dimabuk Asmara

Nggak Fokus Belajar, Nilai pun Turun Drastis




Cinta memang buta. Ketika si Cupid menembakkan panah asmaranya, dua insan manusia akan terlena menikmati indahnya cinta. Ibaratnya, dunia ini terasa milik berdua. Yang ada di pikiran keduanya cuma bayangan pacar tercinta. Alhasil, aktivitas belajar mulai dinomorduakan. Jangankan belajar, berangkat ke sekolah atau kampus aja udah mulai ogah-ogahan.

Ujung-ujungnya prestasi belajar pun menurun. Seperti yang terjadi pada 74,7 persen responden. Mereka mengaku sempat mendapatkan nilai jeblok gara-gara pacaran. Nggak percaya, simak aja pengakuan Retno.

"Pernah sih, ngerasain nilai jeblok gara-gara pacaran. Kalau nggak salah, kejadiannya pas aku awal-awal masuk kuliah," ungkap salah satu penghuni Univ. Negeri Jakarta ini.

Ternyata, kehadiran pacar membawa dampak yang kurang baik terhadap kuliahnya. "Tauk tuh, belajarku sering banget nggak fokus gara-gara mikirin dia. Alhasil, IP(Indeks Prestasi, Red) ku sempat turun drastis," kenangnya.

Hal ini pun tercium juga oleh ortunya. "Abis, aku tipikal orang yang nggak bisa bohong sama ortu. Akhirnya aku sempat kena omelan gitu deh," papar dara berzodiak Gemini ini.

Next, ada Gilang yang pengin nyumbang cerita. "Aduh, jadi malu nih. Punya pacar malah bikin studiku ancur berantakan nggak jelas gini. Pokoknya, jangan sampai terulang lagi deh," terangnya.

Memangnya apa penyebab nilaimu jeblok? "Memang akunya juga yang salah. Aku terlalu sering menghabiskan waktu dengan doi. Sampai-sampai nggak ada waktu buat belajar," ujar warga SMAN 112 ini.

Parahnya, Gilang nggak bisa menyembunyikan hal tersebut di hadapan ortunya. "Ibarat kata, serapat-rapatnya bangkai ditutup pasti bakal tercium juga. Untungnya, aku cuma dinasehati doang," cuapnya.

Lanjut, ada Lena di SMAN 80 yang pengin ikutan nimbrung. "Baru beberapa bulan yang lalu aku mengalami tragedi pemerosotan nilai. Sumpah, nilaiku sampai terjun bebas," aku siswi jurusan IPA ini.

Usut punya usut, ada alasan khusus penyebab nilainya jeblok. "Sumpah, jadwal pacaranku cuma diisi dengan acara berantem. Nggak jauh, dari perang mulut. Akhirnya kepikiran dan berujung buyarnya konsentrasi belajarku," jelasnya.

Ortumu tahu nggak? "Syukur banget mereka nggak mencium kejadian ini. Kalau bisa jangan sampai deh. Bisa kena sangsi berat nantinya, berabe kan!," celoteh cewek yang hobi nyanyi ini.

Beda lagi dengan Rendi. Mahasiswa BSI Margonda ini justru bertolak belakang dengan tiga responDet di atas. "Dalam kamusku, nggak ada istilah nilai jeblok gara-gara pacaran," tegasnya.

Menurutnya suatu kesalahan jika punya pacar justru membuat prestasi belajar menjadi menurun. "Itu sih, nggak bener. Seharusnya, jadikan pacar sebagai penyemangat dalam menuntut ilmu," pungkasnya.

Bikin Time Management

Kadang cinta membuat lupa segalanya. Makanya nggak heran kalau pacaran terkadang bisa menjadi faktor menurunnya prestasi seseorang. Nah, sebenarnya cara apa sih, yang paling ampuh biar pacaran nggak berimbas pada nilai akademik?

Nur Fitriana Agustin yang pertama komentar. "Adalah hak setiap orang untuk pacaran. Nah, biar pacaran nggak menimbulkan efek negatif, lebih baik jangan terlalu mikirin pacaran," saran cewek berbintang Leo ini.

Penghuni SMA Dwi Putra ini juga menambahkan argumennya. "Jangan pacaran doang yang dipikirin. Pelajaran juga harus dipikirin dan diseriusin. Jangan setengah-setengah dong!" bebernya.

Pendapat berbeda terlontar dari Hasian Marthin. "Wah, kalau pengin pacaran tanpa harus mengorbankan nilai akademik, kita kudu punya strategi khusus," saran pejantan asal SMAN 95 ini.

Strategi apaan tuh? "Nih, kita harus bisa menyeimbangkan antara pacaran dan pelajaran. So, lebih baik acara kencannya digabung sama belajar. Otak terlatih, pacaran pun tetap jalan," cuapnya.

Next, Triana Widyastuti pengin unjuk saran. "Sebenarnya tergantung orangnya juga sih. Kalau pasangan itu bisa membagi waktu, pacaran justru bisa membangkitkan semangat belajar," teriaknya.

Penduduk Univ. Indonesia ini juga menjelaskan mekanisme pembagian waktunya. "Kudu ada pembagian jadwal antara pacaran dan berduaan. Pokoknya dengan time management yang bagus kegiatan pacaran nggak bakal mengganggu porsi belajar,pungkasnya

www.jurnalnet.com

Comentários:

Posting Komentar

 
epidemiologi Dian Husada © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |